PERINGATAN : Manusia akan segera tergantikan oleh teknologi 10 tahun lagi!

Tak dapat dipungkiri bahwa pada saat zaman sekarang ini, perkembangan teknologi semakin cepat. Sangat berbeda pada zaman dahulu. Kita harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak ketinggalan.

perkembangan teknologi
Sumber : www.bcrita.com


Teknologi berkembang pesat di banyak bidang, seperti transportasi, komunikasi, informasi, pemasaran, dan lain-lain. Juga teknologi dapat digunakan untuk pelayanan pelanggan, seperti pada blog mas Andika. Perkembangan teknologi ini pasti banyak menguntungkan manusia. Dapat membuat pekerjaan sehari-hari lebih mudah dan cepat.

Baca juga : 3 alasan seseorang malas ngeblog dan alasannya

Perkembangan teknologi memang banyak menguntungkan, tetapi....

Memang benar bahwa kita dapat mengambil banyak keuntungan dalam perkembangan teknologi yang semakin hari semakin csnggih itu. Namun perlu diingat lagi, bahwa perkembangan teknologi tersebut tidak hanya memberikan keuntungan bagi kita. Pasti terdapat dampak negatf pula yang menyertainya.

Kita pasti tahu bahwa perkembangan teknologi yang semakin baik membuat pekerjaan manusia lebih ringan bukan?. Dan seiring berkembangnya teknologi tersebut, pasti pekerjaan manusia semakin lama akan semakin mudah, semakin sedikit, dan lama-lama hilang. Pekerjaan manusia seluruhnya akan tergantikan oleh kecanggihan teknologi tersebut.

Sampai saat ini, bahkan sudah banyak pekerjaan yang manusia yang telah diambil alih oleh kecanggihan teknologi. Sehingga diperkirakan, 10 tahun lagi, seluruh pekerjaan manusia dapat tergantikan oleh mesin-mesin dan kecanggihan teknologi di masa itu, mengingat semakin cepatnya perkembangan teknologi.

Baca juga : 3 fakta mengejutkan yang ternyata salah mengenai hacker

Apa saja pekerjaan manusia yang saat ini telah diambil alih oleh teknologi?

Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan manusia yang telah diambil alih oleh kecanggihan teknologi, yaitu :

1. Produksi oleh mesin

Saat ini, telah banyak pabrik-pabrik yang telah menggunakan mesin-mesin sebagai pengganti tenaga manusia untuk alat produksinya. Contohnya pabrik mobil, sepeda, handphone, dll. Mungkin hanya perlu beberapa pekerja untuk mengoprasikan mesin tersebut, sisa pekerjaan, mesinlah yang melakukan.

penggunaan mesin dalam pabrik
Produksi telah banyak menggunakan teknologi mesin canggih
sumber : www.carvaganza.com


2. Layanan konsumen

Banyak perusahaan yang telah menggunakan teknologi komputer untuk menerima layanan konsumen. Penggunaan komputer ini dapat memudahkan untuk melakukan tindakan selanjutnya, karena komputer dapt mengumpulkan dan memproses data dalam jumlah banyak lebih cepat jika dibandingakn dengan cara manual.

3. Robot untuk pembantu manusia

Di saat ini telah banyak juga digunakan robot sebagai teknologi pembantu pekerjaan manusia. Dari pekerjaan kecil sampai yang besar sekalipun. Bahkan banyak robot telah dapat berinteraksi dengan manusia saat ini.

robot membantu manusia
Teknologi robot yang banyak membantu manusia
sumber : www.dezeen.com


4. Media komunikasi

Jika pada zaman dahulu orang-orang saling berkomunikasi menggunakan surat. Saat ini surat menyurat telah ditinggalkan oleh masyarakat karena telah banyak perkembangan teknologi komunikasi yang lebih efisien. Jadi peran tukang pos untuk mengantarkan surat telah tergantikan oleh media komunikasi atau chatting yang lebih mudah.

Baca juga : Terungkap, ini dia 4 alasan mengapa internet Indonesia lemot

Kelebihan dan kekurangan menggunakan teknologi sebagai pengganti manusia.


Tentu jika melakukan pekerjaan dengan menggunakan teknologi dan tanpa menghilangkan tugas manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Dampak baik dan buruk tersebut akan dijelaskan di bawah.

Kelebihan :

1. Meningkatkan kualitas dan kecepatan

JIka produksi menggunakan tenaga mesin untuk memproduksi barangnya, barang yang dihasilkan pasti akan lebih banyak, dan waktu pengerjaannya lebih sedikit. Karena mesin tidak dapat lelah seperti halnya manusia yang butuh istirahat di sela-sela waktunya.

2. Lebih menghemat biaya

Penggunaan teknologi dapat lebih menipiskan biaya produksi. Karena jika menggunakan tenaga manusia untuk melakukan pekerjaan, maka biaya untuk menggaji para tenaga kerja tersebut dapat melebihi biaya jika menggunakan mesin untuk melakukan pekerjaan. Sehingga penggunaan teknologi dapat menekan biaya.

Peningkatan kualitas, penurunan biaya
Meningkatkan kualitas, kecepatan, dan efisiensi, namun menurunkan biaya produksi
sumber : www.hestanto.web.id


Baca juga : Kejayaan konsol-konsol di masanya

Kekurangan :

1. Mengurangi lapangan pekerjaan

Penggunaan teknologi secara menyeluruh dapat mengurangi penggunaan tenaga kerja manusia. Sehingga kebutuhan akan tenaga kerja akan berkurang, dan lapangan pekerjaan akan semakin sempit. Membuat banyak orang mengalami kesulitan untuk mencari pekerjaan dan menambah angka pengangguran.

peningkatan angka pengangguran
Dapat meningkatkan angka pengangguran
sumber : www.aktual.com


2. Manusia lebih mudah terserang penyakit

Mungkin sobat akan bingung bagaimana bisa manusia lebih mudah terserang penyakit jika pekerjaan manusia digantikan oleh teknologi?. Seperti ini, jika teknologi telah canggih dan dapat membantu banyak pekerjaan manusia, pasti manusia akan mencari cara termudah untuk melakukan pekerjaannya dengan bantuan teknologi.

Pasti manusia lama kelamaan akan menjadi malas, karena mereka kurang bergerak untuk melakukan pekerjaannya. Jadi mereka akan mudah terserang penyakit.

Baca juga : Manusia dan teknologi

Kesimpulan

Jadi, perkembangan teknologi memang membuat pekerjaan kita lebih mudah. Tetapi jangan terlalu mengandalkan teknologi, sehingga kita terlalu malas untuk melakukan. Memang perkembangan teknologi mau tidak mau pasti kita ikuti. Tetapi kita harus menyeimbangkan antara teknologi dan manusia agar kita dapat mengambil kelebihannya dan dapat mengurangi kekurangannya. Atau dengan kata lain mengambil jalan tengah.

Baca juga : Ingin upgrade laptop? Ini dia yang harus diperhatikan

3 Responses to "PERINGATAN : Manusia akan segera tergantikan oleh teknologi 10 tahun lagi!"

  1. Memang sekarang manusia sudah dimanjakan oleh teknologi, kalau dulu umur panjang hingga ratusan tahun tapi sekarang sdh sangat langka yg berumur lebih dari seratus.

    ReplyDelete
  2. Iyaaa skrg mesen2 makanan aja enaknya pake apps ga perlu ngomong sm orang haha

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/yantra.html

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya sgt bermanfaat, Saya Adysha Puspa Dewi (1811500029).. Kunjungi website kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik.